Perum LKBN ANTARA menyabet anugerah jurnalistik paling bergengsi Adinegoro 2023 kategori media televisi lewat feature “Asa Pencari Keadlian”. Hasil liputan ini merupakan karya tim yang terdiri dari Hilary Pasulu, Prisca Triferna, Syamsul Rizal, Soni Namura, Keysa Anisa, Nabila Charisty, dan Nayla Rachman.

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir di Jakarta, Rabu, menyampaikan apresiasi, khususnya redaksi TV/Video atas pencapaian tersebut.

“Penghargaan ini bukan hanya sebuah pengakuan, tetapi juga sebagai motivasi bagi ANTARA untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui jurnalisme berkualitas,” kata Cak Munir, sapaan Dirut ANTARA.

Adapun “Asa Pencari Keadlian” menyoroti langkah baru pemerintah Indonesia dalam penegakan hak asasi manusia, dimulai dengan pengakuan Presiden RI Joko Widodo tentang pelanggaran HAM berat yang terjadi di masa lalu.

Inisiatif Presiden Jokowi pada 2022, melalui Kepres No 17 tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Non Yudisial Pelanggaran HAM, menandai komitmen kuat terhadap pemulihan dan pemberdayaan korban pelanggaran HAM.

Sementara itu, Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, Irfan Junaidi, juga menyatakan kebanggaannya terhadap capaian ini. Menurut Irfan, penghargaan ini merupakan bukti komitmen ANTARA dalam menyajikan konten jurnalistik yang serius dan berkualitas untuk masyarakat.

“Ini adalah dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan,” kata dia.

Hilary Pasulu, produser video "Asa Pencari Keadilan", berterima kasih atas dukungan yang diberikan sehingga memungkinkan tim untuk menciptakan karya jurnalistik yang signifikan dan berdampak.

“Kami berharap penghargaan ini menjadi langkah awal bagi kami untuk terus berinovasi dan menyajikan karya-karya yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Penghargaan Adinegoro diberikan dalam acara Talkshow Hari Pers Nasional 2024 yang disiarkan langsung oleh TVRI Nasional pada 7 Februari 2024.

Dengan tema “Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi”, Anugerah Adinegoro 2023 mengakui keunggulan dalam tujuh kategori yang mencakup liputan mendalam untuk berbagai jenis media, termasuk cetak, siber, televisi, dan radio, serta kategori khusus seperti fotografi jurnalistik, karikatur opini, dan karya video media sosial.

Pewarta: Siaran Pers

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024