Pakar politik Universitas Bengkulu Dr Panji Suminar mengapresiasi masyarakat yang turut serta aktif dalam Pemilu Serentak 2024 pada Rabu karena ikut memenuhi panggilan menghidupkan demokrasi di Indonesia.

“Kita harus berasumsi bahwa mereka adalah enam orang terbaik di Indonesia yang akan mendedikasikan diri untuk memimpin bangsa,” kata Panji di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan dengan adanya tiga pasangan calon presiden, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, pemilik hak suara dapat memilih calon terbaiknya.

Selain pemilihan presiden, pemilih juga akan menggunakan lima surat suara untuk memilih anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Ia mengatakan Pemilu ini tidak hanya penting sebagai pesta demokrasi namun juga sebagai sarana untuk memelihara kehidupan demokrasi di Indonesia. Tingkat partisipasi pemilih menjadi indikator utama kesuksesan pemilu ini.

Dengan diikuti oleh 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal, ia mengatakan Pemilu Legislatif 2024 menawarkan berbagai pilihan bagi pemilih untuk menentukan wakil-wakil mereka di lembaga legislatif.

Panji mengingatkan bahwa setiap suara sangat berarti dan menentukan arah masa depan demokrasi Indonesia. Kesempatan untuk berpartisipasi dalam Pemilu Serentak 2024 adalah sebuah hak dan tanggung jawab bagi setiap warga negara.

Dengan pemahaman dan partisipasi yang aktif, kata dia, masyarakat Indonesia dapat memastikan bahwa pesta demokrasi ini berlangsung dengan lancar dan menghasilkan pemimpin serta wakil rakyat yang berkualitas dan berintegritas.

"Mari kita sambut Pemilu 2024 dengan semangat demokrasi dan kebijaksanaan dalam memilih, demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia di masa depan," kata dia.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024