Untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong berjalan aman dan kondusif, Bupati dan Wakil Bupati serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat melakukan pemantauan proses pemungutan dan penghitungan suara di daerah itu.

Pemantauan proses pemungutan dan penghitungan suara ini dipimpin langsung oleh Bupati Syamsul Effendi didampingi Wabup Hendra Wahyudiansyah, Kapolres AKBP Juda Trisno Tampubolon, Kajari Fransisco Tarigan serta Kasdim 0409/Rejang Lebong Kapten Inf Tonny Antoni dan Sekda Yusran Fauzi.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan dalam  15 kecamatan di wilayah itu berlangsung aman dan kondusif.

"Berdasarkan pantauan kita di lapangan tadi secara keseluruhan berjalan normal dan tidak ada halangan," kata dia.

Dirinya bersama dengan wakil bupati dan Forkompinda melakukan pemantauan langsung dengan menggunakan sepeda motor berkeliling di sejumlah TPS yang ada di Rejang Lebong.
 
Pemantauan proses Pemilu (ANTARA/ Nur Muhammad)


Berdasarkan pemantauan dirinya bersama Forkompinda kondisi jalannya Pemilu di daerah itu kondusif juga tingkat antusiasme masyarakat Rejang Lebong untuk menggunakan hak suaranya cukup tinggi, hal ini terlihat dengan banyaknya warga yang mendatangi masing-masing TPS.

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat Rejang Lebong untuk menggunakan hak pilihnya cukup tinggi, karena memang kondisi masyarakat petani kita sedang berada di desa/kelurahan masing-masing," terang dia.

Dia berharap situasi kondusif di Kabupaten Rejang Lebong ini akan terus terjaga sampai dengan selesainya rapat pleno penghitungan suara yang berlangsung mulai dari tingkat PPS, PPK hingga ke KPU.  

Sementara itu Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda Trisno Tampubolon menyatakan, untuk mengamankan Pemilu 2024 dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong pihaknya menerjunkan 340 personel.

"Sebanyak 200 personel ditempatkan untuk pengamanan TPS, sisanya terbagi dalam satgas-satgas. Kami juga mendapatkan BKO dari Brimob 60 personel, dan BKO dari Polda Bengkulu sebanyak 30 personel," jelas dia.

Personel pengamanan ini disiagakan di beberapa titik di antaranya Mapolres Rejang Lebong, kemudian di Kecamatan Sindang Kelingi, dan titik ketiga di Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Sejauh ini kondisi kamtibmas di Kabupaten Rejang Lebong masih berjalan aman dan lancar, serta diharapkan akan tetap kondusif hingga tahapan Pemilu 2024 selesai. (Adv)

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024