Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Syamsul Effendi meminta kalangan warga di daerah itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pascapemilu di wilayah itu.

"Alhamdulillah Kabupaten Rejang Lebong pascapemilu 2024 masih terpantau kondusif, saya minta warga agar terus menjaga Kamtibmas," kata Syamsul usai menghadiri pembukaan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Rejang Lebong di gedung Serba Guna Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, pelaksanaan Pemilu 2024 pada 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong sampai dengan tahapan penghitungan suara tingkat kabupaten masih dalam situasi yang kondusif, tidak ada gangguan dan gesekan di dalam masyarakat.

Selain menyampaikan kondisi masyarakat yang dipimpinnya itu, dia juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai kalangan di daerah itu karena telah ikut andil dalam menyukseskan Pemilu 2024 dengan hadir langsung ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, serta bersama-sama menjaga stabilitas politik.

Dia juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong karena tahapan-tahapan pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik hingga sampai ke tahapan pleno terbuka di tingkat kabupaten.

Ketua KPU Ujang Maman menjelaskan, pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten Rejang Lebong itu untuk mendengarkan pembacaan hasil rekapitulasi dari 15 kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sebelumnya dilaksanakan di tingkat kecamatan masing-masing.

"Tadi setelah melihat penyampaian dari beberapa PPK membutuhkan waktu kurang lebih satu jam, sehingga kami perkirakan ini akan berlangsung hingga dua hari," terangnya.

Kendati perkiraan pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten Rejang Lebong akan berlangsung sampai dua hari, namun pihaknya akan meminta masukan dari masing-masing saksi apakah akan dilanjutkan hingga larut malam atau ditunda sampai keesokan harinya.

Sejauh ini rapat pleno penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 dari 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB baru menyelesaikan tujuh kecamatan, dan delapan kecamatan lainnya masih menunggu giliran.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024