Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 7.192 siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah ini menerima bantuan seragam sekolah gratis dari pemerintah setempat.
 
Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ramon Hoski di Mukomuko, Senin, mengatakan jumlah siswa yang menerima seragam sekolah gratis tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun 2023 sebanyak 6.093 siswa.
 
"Penerimanya sudah terdata di data pokok pendidikan (dapodik) dan pendataan mulai tahun kemarin," ujarnya.
 
Ia mengatakan, dari sebanyak 7.192 orang siswa yang menerima bantuan seragam sekolah gratis dari pemerintah daerah tersebut terdiri atas sebanyak 3.835 siswa SD dan sebanyak 3.357 siswa SMP.
 
"Setiap siswa ini akan menerima dua stel seragam sekolah yang terdiri atas seragam sekolah umum biasa dan seragam untuk olahraga," ujarnya.
 
Untuk membeli seragam sekolah bagi 7.192 siswa tersebut, katanya, instansinya mendapatkan alokasi anggaran dari dana alokasi umum sebesar sekitar Rp3,9 miliar yang dibagikan untuk membeli seragam sekolah tingkat SMP sekitar Rp1,8 miliar dan SD sekitar Rp2,1 miliar.
 
Ia mengatakan, instansinya sudah menandatangani kontrak kerja dengan penyedia barang dan jasa pemerintah, dan sistem pembelian seragam sekolah ini melalui e-katalog.
 
Ia mengatakan, pihaknya mengejar kalau bisa bulan Juni 2024 barang sudah datang, dan instansinya mempunyai waktu satu bulan untuk membagikan seragam sekolah tersebut.
 
"Ajaran baru bulan Juli. Jika distribusi selama satu bulan, kita bisa melihat ukuran seragam ini sesuai atau tidak dipakai oleh siswa, kalau ukuran tidak sesuai, masih ada kesempatan untuk mengganti," ujarnya.
 
Ia mengatakan, kalau barang sampai bulan Juli, maka pembagiannya justru terlambat karena pada saat itu anak-anak sudah masuk sekolah. Kalau bisa pas anak masuk sekolah mereka pakai baju tersebut.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024