Rejanglebong (Antara) - Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamudin menyebutkan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Rejanglebong merupakan paket khusus wisata di provinsi tersebut.

"Selain memiliki potensi holtikultura yang melimpah, Kabupaten Rejanglebong juga merupakan salah satu daerah yang memiliki tujuan wisata yang menarik dan tidak dimiliki daerah lain di Provinsi Bengkulu," kata Wagub Sultan di Rejanglebong, Selasa.

Potensi wisata yang dimiliki Rejanglebong ini, kata dia, berupa wisata alam pegunungan dan sejumlah objek wisata air panas yang tidak dimiliki daerah lain, di mana jika diolah dengan baik akan memberikan pendapatan bagi daerah dan masyarakat sekitar.

Sejumlah potensi wisata yang dimiliki daerah itu, katanya, saat ini belum dikembangkan dengan maksimal karena kendala pembiayaan serta letak lokasi wisata yang berada di kawasan hutan lindung.

Untuk itu, dia akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait yakni Dinas Kehutanan dan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu serta Pemkab Rejanglebong sehingga ke depannya potensi wisata itu bisa dikembangkan lebih maksimal.

"Saya yakin jika fungsi hutan tidak dirubah maka perizinannya bisa diterbitkan," ujar Sultan.

Sementara Kepala Desa Air Lanang Kecamatan Curup Utara, Darwil, menyebutkan di daerah yang dipimpinnya saat ini terdapat beberapa lokasi wisata alam berupa air terjun Air Layang dan situs batu bersejarah yang sudah diteliti sejumlah ilmuwan dari Amerika, namun potensi itu belum bisa dimanfaatkan karena berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Basah.

"Sayang akses jalan menuju lokasi wisata ini tidak bisa dibangun karena berada di dalam hutan lindung. Kalau bisa dibangun jalan maka objek wisata ini akan menjadi salah satu tujuan wisata istimewa di Rejanglebong," ujarnya. ***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015