Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menurunkan petugas untuk memantau wilayah Desa Pondok Batu yang rawan banjir saat musim hujan ini.
 
"Saat ini kami sedang berada di Desa Pondok Batu untuk memantau sejumlah lokasi yang rawan banjir saat musim hujan sekarang ini, dan sekitar puluhan rumah warga di wilayah ini terendam banjir," kata Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah di Mukomuko, Jumat.

BPBD Kabupaten Mukomuko melakukan pemantauan di Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko setelah mendapat laporan dari kepala desa setempat terkait dengan bencana itu.
 
Berdasarkan laporan dari kepala desa setempat, katanya, air dari dua sungai di wilayah ini mulai naik dan merendam rumah warga sejak sekitar pukul 15.30 WIB.
 
Hasil pemantauan di Desa Pondok Batu, katanya, banjir yang melanda wilayah ini berasal dari luapan air Sungai Air Hitam dan Selagan.
 
Banjir melanda wilayah Kecamatan Kota Mukomuko ini selain merendam puluhan rumah warga juga ruas jalan penghubung desa di wilayah tersebut.
 
"Mobil yang lewat di jalan itu saja terendam, kedalaman banjir yang merendam jalan itu sampai ke lantai mobil," ujarnya.
 
Ia memperkirakan ketinggian air yang merendam puluhan rumah warga setempat sekitar 35 centimeter.

Hingga saat ini, instansi itu belum memberlakukan status tanggap darurat banjir di Desa Pondok Batu. 
 
Kalau banjir tersebut membahayakan keselamatan warga, katanya, mereka diminta untuk mengungsi dan mengantisipasi banjir susulan.
 
"Warga di wilayah ini kita suruh untuk mengungsi untuk mengantisipasi banjir susulan," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024