Jajaran TNI AD melalui Satgas Yonif R 321/GT membangun mesin pembangkit listrik tenaga mikro hidro untuk warga yang berada di distrik Mbua dan distrik Dal, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kegiatan pembangunan pembangkit listrik ini terlihat dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram resmi milik TNI AD yakni @tni_angkatan_darat, Rabu.

Dalam video berdurasi 58 detik itu, terlihat beragam proses pembangunan pembangkit listrik yang dilakukan personel TNI AD itu (12/3).

Terlihat lima orang anggota TNI AD bahu membahu mengangkat pipa untuk keperluan pembangunan pembangkit listrik. Mereka membawa pipa itu melewati aliran sungai yang mengalir cukup deras.

Tidak hanya itu, terlihat pula empat personel TNI AD membawa mesin pembangkit berwarna hijau dengan cara dipikul menggunakan kayu.

Selama proses membawa barang dan membangun tempat pembangkit listrik, terlihat masyarakat setempat ikut membantu seluruh personel TNI AD.

Tidak hanya membangun mesin pembangkit listrik, TNI AD juga turut memastikan aliran listrik masuk ke seluruh rumah warga.

Dari video tersebut terlihat beberapa personel masuk ke dalam honai atau rumah adat khas Papua yang ada di lokasi tersebut.

Mereka terlihat memasangkan kabel listrik hingga memastikan lampu menyala di dalam ruangan honai.

Tidak hanya di dalam honai, para personel Satgas Yonif juga memasangkan listrik di beberapa bangunan warga yang ada di lokasi.

Video tersebut pun ditutup ucapan terimakasih masyarakat Nduga atas mesin pembangkit listrik yang telah dibangun TNI AD.

"Terima kasih kepada Satgas Yonif Rider 321 yang telah membuatkan rumah turbin listrik untuk masyarakat kampung kami," kata salah satu warga yang tidak disebutkan namanya dalam video tersebut.
 

Pewarta: Walda Marison

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024