Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Curup yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyebutkan sepanjang Tahun 2023 lalu telah membayarkan klaim mencapai Rp39,7 miliar.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Curup Yogo Iman Kristianto di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan jumlah kepesertaan BPJAMSOSTEK Cabang Curup saat ini mencapai 33.353 jiwa tersebar dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Lebong.

"Jumlah klaim yang kita bayarkan sepanjang Tahun 2023 mencapai Rp.39.722.381.110, dengan jumlah klaim sebanyak 2.686 kasus," kata dia.

Dia menjelaskan, klaim BPJAMSOSTEK yang dibayarkan tersebut berasal dari empat program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Klaim yang dibayarkan tersebut, kata dia, adalah yang dilayani oleh Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Curup, di mana peserta yang mengajukan klaim ini datang dari berbagai daerah.

Menurut dia, klaim yang dibayarkan ini bukan hanya dari peserta di tiga kabupaten yang masuk dalam wilayah kerja BPJAMSOSTEK Cabang Curup tetapi juga dari daerah lainnya, mengingat juga ada pelayanan melalui sistem online.

Untuk menjadi peserta BPJAMSOSTEK, tambah dia, besaran iurannya dihitung berdasarkan upah per bulan. Mereka yang memiliki gaji terendah yakni Rp1 juta per bulan untuk jaminan kecelakaan kerja dan kematian sebesar Rp16.800 per bulan.

"Sedangkan bagi mereka yang ingin menambahkan dengan program tabungan hari tua maka iurannya ditambahkan sebesar Rp20.000 per bulan, sehingga iurannya per bulan sebesar Rp36.800," jelasnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024