Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan empat desa untuk menjadi peserta lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024.

"Saat ini sudah ada empat desa wisata yang kita siapkan untuk mengikuti lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024," kata Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan, empat desa wisata yang disiapkan ini antara lain Desa Baru Manis dan Purwodadi di Kecamatan Bermani Ulu, Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara serta Desa Kayu Manis, Kecamatan Selupu Rejang.

Empat desa wisata tersebut, kata dia, merupakan bagian dari 26 desa wisata yang sudah terbentuk di Rejang Lebong secara bertahap terhitung sejak 2018 hingga 2022 lalu.

"Ke empat desa wisata ini kita persiapkan sejak jauh-jauh hari, karena penilaian lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu ini rencananya akan dilaksanakan pada Mei mendatang," terang dia.

Persiapan untuk empat desa wisata tersebut dilakukan dengan melengkapi berbagai administrasi yang akan menjadi penilaian seperti kelembagaan, ekonomi kreatif dan wisata unggulan.

Empat desa wisata yang ikut penilaian desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024 ini memiliki wisata unggulan berupa wisata alam gunung, danau buatan dan sungai.

Dia berharap, dari empat desa wisata yang akan mengikuti lomba desa wisata tingkat Provinsi Tahun 2024 ini nantinya ada bisa masuk dalam 10 besar.

Sebelumnya pada penilaian lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2023 Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong berhasil menjadi juara I mengalahkan desa wisata lainnya dari kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024