Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,02 miliar untuk bantuan partai politik yang ada di daerah itu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rejang Lebong Zulfan Efendi di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan bantuan parpol tersebut diberikan Pemkab Rejang Lebong kepada parpol yang mendapat kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong.

"Anggarannya sudah kita siapkan, dan untuk penyalurannya kita masih menunggu sampai pelantikan 30 anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong yang baru," kata dia.

Dia menjelaskan, bantuan parpol sebesar Rp1,02 miliar tersebut sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024, namun untuk besarannya akan bertambah dari Tahun 2023 mengingat baru-baru ini besarannya mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp7.205 per suara menjadi Rp11.700 per suara.

"Ada kenaikan tetapi perhitungan secara rinci terhitung pelantikan anggota dewan yang baru, walau jumlah kursi dan jumlah suara telah kita ketahui tetapi kita masih menunggu pelantikan anggota DPRD hasil Pemilu 2024 lalu," terangnya.

Untuk menentukan besaran bantuan yang akan diberikan kepada masing-masing parpol ini, kata dia, akan dihitung berdasarkan hitungan per suara yang lama dan hitungan per suara yang baru, sehingga akan diketahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk banpol Tahun 2024.

Menurut dia, dana bantuan parpol yang diberikan Pemkab Rejang Lebong ini peruntukkannya 40 persen pembiayaan operasional sekretariat partai, dan 60 persen lagi untuk kegiatan pendidikan politik oleh masing-masing partai.

Diharapkan parpol yang mendapatkan bantuan ini menggunakannya sesuai dengan peruntukkannya, mengingat dana yang diberikan setiap tahun itu akan dilakukan audit penggunaannya oleh BPK.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024