Bengkulu (Antara) - Lima kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu terkena asap dari kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Bandara Fatmawati Bengkulu, Winda Ayu, Selasa mengatakan, lima kabupaten tersebut, yakni Mukomuko yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya, Kabupaten Lebong, Rejang Lebong dan Kepahiang yang berdekatan letaknya dengan Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Kota Bengkulu juga ikut terkena asap dari dua provinsi tetangga tersebut.

"Asap terbawa sampai ke Bengkulu juga dipengaruhi arah angin yang bertiup dari tenggara ke Selatan," kata dia.

Akibat asap tersebut jarak pandang menjadi terbatas, yakni sekitar 1,5 kilometer. Namun ketebalan tersebut belum mempengaruhi rute penerbangan dari dan ke Bengkulu.

Di Pulau Sumatera, kata dia, terdapat sebanyak 209 titik api yang sebagian besar berada di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

"Terbanyak di Sumatera Selatan terdapat 168 titik api," katanya.

Provinsi Jambi didata terdapat 24 titik api, Bengkulu satu titik api, dan lampung 11 titik api. Untuk titik api di Bengkulu terlihat di Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur.

Sementara itu, seorang warga Kota Bengkulu, Tn Demon mengatakan, kabut asap mulai terlihat pekat, dan mengganggu pernapasan.

"Pagi tadi saat menggunakan kandaraan dan diterpa udara bercampur asap membuat mata perih," ujarnya.***4*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015