Satuan Lalu Lintas Polres Mukomuko, Polda Bengkulu, bersama Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja mengecek infrastruktur yang akan menjadi jalur pemudik Idul Fitri 1445 Hijriah pada ruas jalan utama maupun alternatif.
 
Kapolres Mukomuko AKBP Yana Supriatna, melalui Kasat Lantas AKP Rully Zuldh Fermana di Mukomuko, Kamis, mengatakan berbagai strategi disiapkan Satuan Lalu Lintas Polres Mukomuko jelang berlangsungnya mudik lebaran 2024.

Baca juga: Satlantas Polres Mukomuko periksa kelaikan angkutan mudik Lebaran
 
"Untuk mudik kali ini, kita mempersiapkan strategi terkait dengan rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan, termasuk sebelumnya didahului dengan survei, khususnya kondisi jalan lintas yang rusak atau berlubang di sepanjang jalan Desa Arah Tiga hingga Perbatasan Kabupaten Mukomuko- Sumatera Barat," katanya.
 
Menurutnya, langkah ini demi keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat dalam mudik, Satuan Lalu Lintas Polres Mukomuko bersama Dishub dan Jasa Raharja Mukomuko lakukan pengecekan beberapa jalanan yang rusak atau berlubang yang ada di Kabupaten Mukomuko.
 
Kemudian, katanya, pihaknya melakukan pengecekan untuk mengetahui jalur mudik yang terjadi kerusakan dan rawan kecelakaan lalu lintas. Nantinya jalur tersebut akan dikoordinasikan untuk diperbaiki.
 
“Mulai dari jalur-jalur yang terjadi kerusakan, maupun jalur-jalur yang perlu ditambah dengan tanda-tanda atau marka jalan, termasuk juga wilayah-wilayah yang selama ini menjadi rawan terjadi kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Baca juga: Mukomuko pasang peringatan larangan melepasliarkan ternak di jalan
 
Menurutnya, langkah-langkah tersebut menjadi sangat penting untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Mukomuko.
 
Kendati demikian, ia memastikan akan mengantisipasi mudik dengan maksimal di tengah kenaikan jumlah pemudik pada tahun ini.
 
“Pengecekan ini menjadi penting karena tentunya kita mengharapkan bahwa kecelakaan lalu lintas dan juga kemacetan lalu lintas di tahun 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik,” ujarnya.
 
Sementara itu, Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat di Kabupaten Mukomuko menjadi jalur mudik lebaran bagi masyarakat Bengkulu ke Provinsi Sumatera Barat maupun sebaliknya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024