Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu memastikan penyaluran elpiji subsidi ukuran tiga kilogram di wilayah tersebut menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah aman dan tepat sasaran.
 
Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperindag Kota Bengkulu Erika Ariasanti menerangkan, hal tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pangkalan yang menyalurkan elpiji subsidi kepada masyarakat.
 
"Kami dari Disperindag Kota Bengkulu beserta agen elpiji melakukan pengawasan tabung gas ukuran tiga kilogram di pangkalan. Dari sidak ini tidak ditemukan adanya kelangkaan yang terjadi menjelang Idul Fitri," ujar dia.
 
Selain melakukan pemantauan terkait pendistribusian elpiji ukuran tiga kilogram menjelang Idul Fitri, sidak tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan hal-hal yang tidak ingin terjadi saat Lebaran 2024.
 
Ia menyebutkan, berdasarkan hasil sidak yang telah dilakukan tersebut, para pemilik pangkalan menerapkan pembelian elpiji ukuran tiga kilogram menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.
 
Sejak Ramadhan 1445 Hijriah atau pada 10 Maret hingga 3 April 2024 realisasi penyaluran elpiji tiga kilogram di Kota Bengkulu telah mencapai 392 ribu tabung.
 
Disperindag Kota Bengkulu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaporkan pangkalan nakal yang bermain dan kesulitan mendapatkan elpiji ukuran tiga kilogram.
 
Hal tersebut dilakukan, guna memastikan penyaluran gas elpiji ukuran tiga kilogram tersebut tepat sasaran sesuai dengan kategori penerima subsidi.
 
Sebab, terdapat empat kategori yang diperbolehkan menggunakan elpiji tersebut, yaitu masyarakat miskin yang telah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos), nelayan, petani, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
"Jika pihak pangkalan menjual ke pihak di luar empat kategori yang telah ditentukan, maka pangkalan akan dilaporkan untuk selanjutnya menerima sanksi oleh pihak Pertamina," ujar dia pula.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024