Aparat Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu, menyiapkan langkah antisipasi kemacetan lalu lintas di sejumlah lokasi wisata yang ada di daerah itu pada musim libur Lebaran Idul Fitri 2024/1445 Hijriah.

"Saat ini sudah kita tempatkan anggota khusus dari Satlantas di lokasi wisata yang ada di Rejang Lebong. Personel ini bertugas untuk mengurai jika ada kemacetan di lokasi wisata terutama yang berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel," kata Kasat Lantas Polres Rejang Lebong Iptu Melisa saat dihubungi di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, lokasi wisata yang berada di jalan nasional (jalan lintas) tersebut di antaranya adalah Danau Mas Harun Bastari (DMHB) di Kecamatan Selupu Rejang dan Tebing Suban di Kecamatan Curup Timur.

Personel Satlantas yang ditempatkan di lokasi wisata ini, kata dia, akan mengatur arus lalu lintas dan mengarahkan kendaraan yang akan masuk ke lokasi wisata terutama kantong-kantong parkir yang sudah disediakan.

Sedangkan, Kapolsek Curup Iptu Ibnu Sina menjelaskan di wilayah hukum polsek yang dipimpinnya terdapat sembilan lokasi wisata yang pada musim liburan lebaran selalu ramai dikunjungi warga, dan beberapa di antaranya kerap terjadi kemacetan lalu lintas.

"Kita akan membuat satu lajur dan kendaraan yang menggunakannya secara bergantian. Untuk pintu masuk dan keluarnya juga berbeda," kata Ibnu.

Lokasi wisata yang kerap terjadi kemacetan ini, jelas dia, adalah Pemandian Suban Air Panas, kemudian Tebing Suban dan Danau Mas Harun Bastari (DMHB).

"Kita juga sudah mengimbau kepada pengelola tempat wisata ini untuk membantu petugas mengurai kemacetan, serta mengalihkan rute masuk ke lokasi wisata sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan," terang dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024