Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Syamsul Effendi mengajak Muslim di daerah itu untuk memaknai ibadah puasa yang telah dijalankan selama sebulan penuh sebagai langkah awal untuk meningkatkan ketaqwaan kepala Allah SWT.
 
"Kita bersyukur sebagai umat Islam sudah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, mudah-mudahan akan menjadikan kita pribadi yang baik dan Muslim yang taat," kata dia usai mengikuti Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Setia Negara Curup, Rabu.
 
Dia menjelaskan, selain itu Muslim daerah itu juga diminta untuk menjadikan ibadah Ramadhan yang sudah dilalui agar dijadikan patokan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat atau berinteraksi selama 11 bulan ke depan.
 
"Hikmah Idul Fitri bukan hanya saling memaafkan tetapi membentuk tali silahturahmi satu dengan lainnya," tegas dia.
 
Dalam pidatonya sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri dirinya juga mengajak Muslim Kabupaten Rejang Lebong guna mendukung berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan pemda setempat baik kegiatan fisik dan non fisik.
 
Khatib Shalat Idul Fitri di Lapangan Setia Negara Curup Ichsanul Hakim, MA dalam khutbahnya menyebutkan hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan dalam bentuk perang melawan hawa nafsu setelah sebulan penuh berpuasa.
 
"Untuk merayakan kemenangan ini caranya tidak dengan menggelar selebrasi, tapi dengan menggemakan takbir, tahmid dan tahlil," kata dia.
 
Menurut dia, dalam memaknai kemenangan bukanlah mereka yang berhasil mengumpulkan uang banyak, piala, atau suara terbanyak dalam pemilu tetapi orang yang pandai mensyukurinya.
 
"Pesan pentingnya pada hari raya Idul Fitri ini ialah menjaga amar makruf nahi munkar. Ini bukan diterapkan bukan hanya secara individu tetapi kita seluruhnya," terang dia.
 
Pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah di lapangan Setia Negara Curup kali ini diikuti ribuan Muslim dari berbagai daerah, di mana bertindak sebagai imam Raffsanjani, dan khatib Ichsanul Hakim, ketua 1 Muhammadiyah cabang Curup.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024