Aparat Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu mengurai kemacetan lalu lintas pada libur Lebaran 1445 Hijriah di sejumlah lokasi wisata yang ada di daerah itu.

Kasi Humas Polres Rejang Lebong AKP Sinar Simanjuntak saat dihubungi di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan lokasi wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong pada H+2 lebaran mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari daerah lainnya di Kota Bengkulu maupun daerah lain di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

"Situasi lalu lintas di Kabupaten Rejang Lebong memasuki H+2 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah padat merayap, terutama di sejumlah lokasi wisata yang berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel," kata dia.

Dia menjelaskan, untuk mencegah kemacetan di sejumlah lokasi wisata yang berada di jalan penghubung kedua provinsi tersebut, personel Polres Rejang Lebong di lapangan melakukan pengaturan dan mengurai tumpukan kendaraan yang berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan lebaran di wilayah itu, kata dia, di antaranya Tebing Suban dan Pemandian Suban Air Panas yang berada di Kecamatan Curup Timur, serta Danau Mas Harun Bastari di Kecamatan Selupu Rejang.

Menurut dia, volume kendaraan yang masuk ke sejumlah lokasi wisata di Rejang Lebong ini meningkat drastis dari hari sebelumnya, bahkan banyak kendaraan yang parkir di pinggir jalan lintas sehingga harus dipindahkan ke tempat lain agar tidak menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Personel Polres Rejang Lebong di lapangan selain memasang pembatas jalan yang menuju ke gerbang tempat wisata juga melakukan rekayasa lalu lintas.

Sebelumnya, Polres Rejang Lebong telah mendirikan lima pos pengamanan dan pos pelayanan libur Lebaran 1445 Hijriah antara lain Pos Pelayanan di kawasan Pasar Bang Mego Curup, kemudian Pos Pelayanan di lokasi wisata Pemandian Suban Air Panas di Kecamatan Curup Timur, serta di lokasi wisata Danau Mas Harun Bastari (DMHB) Kecamatan Selupu Rejang.

Sedangkan untuk pos pengamanan didirikan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yakni di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Sindang Kelingi dan satu lagi di Pos Kontainer Desa Taba Padang, Kecamatan Binduriang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024