Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan enam danau sebagai lokasi budi daya berbagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

"Enam danau itu akan ditaburi bibit berbagai jenis ikan," kata Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Winarto di Mukomuko, Minggu.

Saat menghadiri panen raya ikan nila perdana di daerah itu hasil budi daya empat kelompok tani, Winarto mengatakan, belum bisa memastikan jadwal penaburan berbagai jenis ikan itu tetapi lokasinya di enam danau.

Enam danau yang telah disiapkan itu meliputi Danau Nibung dan Danau Lebar di Kecamatan Kota Mukomuko, danau di Kecamatan Lubukpinang, danau di Kecamatan Teramangjaya, danau Kecamatan Ipuh, danau Kecamatan Airrami.

Ia menjelaskan, pemerintah setempat belum ada program untuk penaburan ikan di enam danau di daerah itu namun untuk kegiatan penaburan ikan telah dilakukan pemerintah setempat bagi kelompok tani yang punya keramba.

Sebanyak 24 ribu bibit ikan nila telah ditaburkan di empat keramba milik kelompok tani di daerah ini.

"Setiap keramba ditaburi sebanyak enam ribu bibit ikan nila, sekarang setelah tiga bulan penaburan bibit, satu keramba menghasilkan 200 hingga 250 kilogram ikan nila," ujarnya. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012