Pengelola Terminal Tipe-A Simpang Nangka Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 4.338 penumpang angkutan umum selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah berangkat dari terminal setempat.

Pengawas Terminal Tipe-A Simpang Nangka Rejang Lebong Rio Jangyo saat dihubungi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan penumpang angkutan umum yang datang maupun keluar melalui Terminal Simpang Nangka selama musim mudik Lebaran tersebut menggunakan angkutan jenis bus terhitung mulai dari 1 hingga 16 April kemarin.

"Selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah tercatat ada 4.338 penumpang yang berangkat dari Terminal Tipe-A Simpang Nangka, mereka ini naik 205 bus antar kota antar provinsi atau AKAP," kata dia.

Dia menjelaskan, pemudik yang keluar dari Terminal Simpang Nangka itu berangkat dari Provinsi Bengkulu dengan tujuan ke Jakarta maupun sejumlah kota-kota lainnya di Jawa, kemudian kota-kota di Sumatera seperti Pekan Baru, Padang maupun Medan.

Sedangkan untuk pemudik yang datang melalui terminal setempat, kata dia, tercatat sebanyak 1.419 orang, dengan menaiki 97 unit bus.

Sementara itu untuk arus penumpang angkutan umum antar kota dalam provinsi (AKDP), kata dia, yang datang ke Terminal Simpang Nangka sebanyak 21 penumpang yang naik 24 bus. Selanjutnya penumpang yang berangkat sebanyak 46 orang dengan menaiki 26 bus.

Menurut dia, armada bus yang mengangkut para pemudik baik yang masuk maupun keluar dari Terminal Simpang Nangka dilakukan pemeriksaan guna memastikan kelayakannya.

Selama pelayanan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah pihaknya menyediakan pos pelayanan di dalam Terminal Tipe-A Simpang Nangka sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemudik maupun sopir bus untuk beristirahat sementara waktu.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024