Bengkulu (Antara) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebutkan bahwa mulai awal November 2015 hujan mulai rutin mengguyur wilayah itu seiring dengan masuknya musim hujan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Bengkulu Sudiyanto mengatakan pada awal Oktober 2015 daerah itu juga dilanda hujan namun hanya di beberapa wilayah.

"Awal November ini sesuai perkiraan sudah masuk musim hujan dan seluruh wilayah merata diguyur hujan," katanya di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan, rilis BMKG pada Rabu dan Kamis (4-5/11) juga menunjukkan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur seluruh wilayah kabupaten dan kota di daerah ini.

Wilayah yang diguyur hujan dengan intensitas ringan hanya daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur, sedangkan tujuh wilayah lainnya diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Curup Kabupaten Rejanglebong, Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara, Tais Kabupaten Seluma, Mukomuko Kabupaten Mukomuko, Tubei Kabupaten Lebong, Kepahiang Kabupaten Kepahiang dan Kota Bengkulu.

"Dua hari ke depan diperkirakan hujan dengan intensitas ringan dan sedang terjadi di seluruh wilayah atau merata," ucapnya.

Sejumlah wilayah yang sudah diguyur hujan antara lain sebagian wilayah Lebong, Rejanglebong, Mukomuko, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

Ia menambahkan bahwa memasuki musim penghujan, arah angin bertiup dari Selatan dengan prakiraan suhu udara antara 23 hingga 31 derajat celcius, kecepatan angin 32 kilometer perjam dan kelembaban antara 64 hingga 96 persen.

Menurut Sudiyanto, hujan yang melanda Bengkulu juga membuat asap mulai menipis di daerah ini.

Sebelumnya wilayah tersebut ikut merasakan asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Pulau Sumatera.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015