Mukomuko (Antara) - Penjabat Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Tarmizi meminta instansi terkait membagikan bantuan alat tangkap kepada anggota kelompok nelayan yang tergolong ekonomi miskin di daerah itu.

"Saya minta pembagiannya selektif. Pastikan nelayan itu benar-benar warga Kabupaten Mukomuko dan tergolong ekonomi kurang mampu," kata Penjabat Bupati Mukomuko Tarmizi di Mukomuko, Kamis.

Untuk itu, katanya, sebelum bantuan alat tangkap tersebut dibagikan, petugas harus melakukan seleksi nelayan penerima bantuan agar tepat sasaran.

Selain itu, ia minta bantuan itu segera disalurkan pada tahun ini karena peralatan itu dibutuhkan oleh nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan.

"Jangan sampai ribut, misalnya nelayan yang bermodal dapat bantuan sedangkan yang belum punya alat tangkap tidak dapat," ujar Tarmizi.

Sementara Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat mengatakan pihaknya masih melakukan verifikasi kelompok penerima bantuan alat tangkap, mesin kapal, dan baju pelampung, serta jaring.

"Kita masih verifikasi nelayan yang akan mendapatkan bantuan itu. Ini juga berdasarkan instruksi dari penjabat bupati," ujar Rahmat.

Sebelumnya, sejumlah nelayan telah mengajukan proposal permintaan bantuan kepada pemerintah karena alat tangkap mereka banyak yang rusak.

Nelayan berharap adanya bantuan alat tersebut bisa meningkatkan hasil tangkapan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. ***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015