Bengkulu (ANTARA) - Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu (UNIB) periode 77 akan dilaksanakan di Kabupaten Rejanglebong, berbeda dengan periode sebelumnya yang dilaksanakan di Kota Bengkulu.

"KKN periode 76 yang berlokasi di Kota Bengkulu diikuti sekitar 2.400 mahasiswa, sedangkan periode 77 rencananya akan diikuti 72 mahasiswa," kata Koordinator Administrasi Pusat Pengelola dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) UNIB Jaya Putra di Bengkulu, Kamis.

Dia mengatakan lokasi KKN tidak tergantung dengan jumlah peserta, namun didasari permintaan dan penilaian kebutuhan masyarakat setempat.

Namun dari 72 orang mahasiswa tersebut belum dipastikan akan ikut dalam KKN 77 yang akan dilaksanakan selama dua bulan mulai 1 Desember 2015 hingga 31 Januari 2016.

"Mereka harus memenuhi sejumlah syarat tertentu," katanya.

Mahasiswa yang menjadi peserta KKN yakni telah mendaftar di fakultas masing-masing, lulus minimal 100 Sistem Kredit Semester (SKS), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,00, dan telah mendaftar ulang di bagian P3KKN, serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350.000.

"Belum lagi jika ada mahasiswa yang nekat mengambil mata kuliah lain selain KKN maka mereka akan gugur," kata Jaya.

Jaya juga menambahkan meskipun sudah direncanakan di Kabupaten Rejanglebong, lokasi KKN bisa berubah sebelum penetapan pada 17 November 2015.

Pembekalan peserta KKN akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada 17-18 November 2015.

Lebih lanjut, Jaya juga membantah adanya rumor mengenai tidak adanya KKN pada tahun-tahun berikutnya.

"Ini menyangkut kebijakan Dikti, Universitas dan lainnya. Jadi tidak benar rumor itu" kata Jaya lagi.

Ada tiga hal yang menjadi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat, tutup Jaya.

UNIB yang merupakan perguruan tinggi negeri terbesar di Bengkulu setiap tahun menyelenggarakan KKN sebanyak tiga kali yakni pada bulan Maret hingga April, Desember hingga Januari dan Juli-Agustus yang merupakan periode dengan peserta terbanyak. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015