Rejanglebong (Antara) - Program pelatihan bela negara yang digulirkan Kementerian Pertahanan dan Keamanan untuk tingkat Provinsi Bengkulu dipusatkan di Kabupaten Rejanglebong pada 11-28 November mendatang.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Rejanglebong Mulyanda saat ditemui di lokasi kegiatan yang dipusatkan di Balai Latihan Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Cawang, Kecamatan Curup Timur, Selasa, menjelaskan pelatihan bela negara ini diikuti 100 perserta utusan 10 kabupaten/kota di Bengkulu.

"Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang mewakili sembilan kabupaten dan satu kota di Provinsi Bengkulu. Peserta yang ikut kegiatan ini berasal dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, organisasi kepemudaan dan lainnya," kata Mulyanda.

Dijelaskan Mulyanda jumlah perwakilan setiap kabupaten dan kota mengikuti kegiatan ini berbeda-beda, dimana untuk Rejanglebong sebagai tuan rumah mendapat kuota lebih banyak yakni sebanyak 32 orang sedangkan yang lainnya 5-10 orang saja.

Para peserta yang datang mewakili masing-masing daerah itu selanjutnya akan mengikuti pelatihan bela negara yang dipusatkan di gedung BLKM selama 18 hari dengan materi seputaran wawasan kebangsaan, nilai-nilai kebangsaan, sistem pertahanan semesta, wawasan kebangsaan.

"Rencananya kegiatan ini akan dibuka oleh pejabat dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan, namun kami belum tahu siapa, karena mereka akan datang langsung bersama dengan Danrem 041 Garuda Mas Bengkulu," katanya.

Para pemateri dalam kegiatan ini tambah dia, diantaranya materi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, sistem pertahanan semesta, wawasan kebangsaan, pengenalan hukum, tataran dasar bela negara hingga cinta Tanah Air, semuanya akan di sampaikan pejabat dari Kemenhankam dan wakil dari pemerintahan.

Untuk itu dia berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikutinya dengan baik, karena semua perlengkapan, konsumsi, penginapan dan akomodasi lainnya sudah disiapkan panitia penyelenggara sehingga mereka bisa fokus mengikutinya.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015