Rejanglebong (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan surat suara Pilkada serentak di daerah itu, Sabtu pagi (28/11) tiba di daerah itu.

Menurut anggota KPU Rejanglebong dari divisi logistik Restu S Wibowo saat ditemui di sekretariat KPU Rejanglebong menjelaskan surat suara Pilkada daerah itu dicetak di PT Betawi Mas Cemerlang dengan jumlah yang dicetak sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 203.880 kemudian ditambah 2,5 persen untuk cadangan sehingga totalnya sebanyak 208.977 lembar serta 2.000 lembar surat suara untuk pemilu ulang.

Selain menerima surat suara untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejanglebong kata dia, pihaknya juga menerima surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang seharusnya dikirim dari KPU Provinsi Bengkulu, tetapi karena pencetakannya dilakukan ditempat yang sama maka langsung diturunkan bersamaan surat suara Pilkada bupati dan wakil bupati setempat.

"Surat suara untuk pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejanglebong yang sampai hari ini sebanyak 208.977 lembar dengan rincian sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap sebanyak 203.880 ditambah 2,5 persen untuk cadangan serta 2.000 surat suara untuk Pemilu ulang," katanya.

Sedangkan untuk surat suara Pligub Bengkulu tambah dia, yang sudah diterima sebanyak 208.977 lembar sedangkan 2.000 lembar untuk Pemilu ulang baru akan dikirim melalui KPU Provinsi Bengkulu.

Sementara itu surat suara yang sudah tiba ini selanjutnya dilakukan penyortiran dan penghitungan oleh staf KPU Rejanglebong, dimana dari hasil sementara diketahui masih ada surat suara yang rusak dan kurang. Namun untuk memastikan berapa banyak jumlah pihaknya masih melakukan perekapan sebelum diajukan pergantian atau penambahan.

Sesuai dengan tahapannya kata dia, penyortiran dan penyusunan formulir, pengepakan logistik, pemeriksaan oleh PPK isi kotak suara berikut penandatangan BA logistik oleh PPK terhitung 1-5 Desember. Selanjutnya pada 6-7 Desember logistik ini akan didistribusikan dari KPU Rejanglebong PPK dalam 15 kecamatan dan 7-8 desember pendistribusian dari PPK ke masing-masing PPS.

KPU Rejanglebong pada 24 Agustus 2015 menetapkan tujuh pasangan Cabup dan Cawabup sebagai peserta Pilkada Rejanglebong, antara lain pasangan nomor urut 1 Fatrolazi-Nurul Khairiyah dicalonkan PDIP dan Nasdem, nomor urut 2 Jhon Feriyanto-Bambang Aryanto dicalonkan Partai Golkar dan PPP, nomor urut 3 Syamsul Effendi-Adnan dicalonkan Gerindra, PKS, PKB, dan PAN.

Nomor urut 4 Alrullah Jambak-Heri Purwanto dari jalur perseorangan, nomor urut 5 Anom Chan-Joni dari jalur perseorangan, nomor urut 6 Tugiman-Sudirman diusung Partai Demokrat dan Hanura, serta nomor urut 7 Ahmad Hijazi-Iqbal Bastari dari jalur perseorangan. ***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015