Mukomuko (Antara) - Penjabat Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Tarmizi berharap bantuan program usaha mina perdesaan 2016 dapat meningkatkan produk perikanan dari laut di daerah itu.

"Harapan dengan bantuan itu ada peningkatan produk perikanan dari laut," kata Tarmizi saat ditanya hasil pertemuannya dengan seluruh kelompok nelayan setempat di Balai Benih Ikan (BBI) di Mukomuko, Minggu.

Ia menjelaskan PUMP atau program usaha mina perdesaan adalah program yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada setiap kelompok usaha bersama (kube). Setiap kelompok tersebut diberikan bantuan sebesar Rp100 juta.

Bantuan senilai Rp100 juta dari pemerintah pusat tersebut, katanya, berupa peralatan, seperti salah satunya mesin tempel kapal, radar untuk data alat pendeteksi ikan, dan tempat penyimpangan ikan segar.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan kepada nelayan tersebut sesuai dengan kebutuhan anggota kelompoknya.

"Dengan menggunakan dana bantuan PUMP itu untuk membeli berbagai peralatan yang dibutuhkan oleh nelayan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, program bantuan dari pemerintah pusat tersebut sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu di daerah itu. Dan sekarang disosialisasikan kembali kepada kube yang menerima bantuan tahun ini dan tahun 2016.

"Kita mempersiapkan kelompok yang akan menerima bantuan tersebut pada 2016," ujarnya.

Ia berharap, kelompok nelayan setempat dapat menggunakan peralata itu untuk meningkatkan produk perikanan dari laut di daerah itu.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015