Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyediakan sumber air untuk mobil pemadam kebakaran guna memadamkan api jika ada lahan dan atau rumah warga di daerah itu yang terbakar.

"Kita akan membangun bak penampungan dan sumur bor di empat kecamatan. Untuk sumber air bagi mobil pemadam kebakaran di kecamatan tersebut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ramdani, di Mukomuko, Senin.

Ia menyebutkan, empat kecamatan itu, yakni Kecamatan Ipuh, Kecamatan Penarik, Kecamatan Lubuk Pinang, dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia menjelaskan, tujuan pembangunan bak penampungan dan sumur bor itu untuk penyediaan air bagi mobil pemadam kebakaran dalam memadamkan kebakaran di empat kecamatan tersebut.

Sehingga, katanya, setelah ini mobil pemadam kebakaran di empat kecamatan itu tidak perlu lagi mengambil air dari sungai di wilayah tersebut, saat tejadi kebakaran.

"Sumber air itu untuk mempermudah dan mempercepat tugas petugas pemadam kebakaran dalam menyelamatkan objek yang terbakar di empat wilayah tersebut," ujarnya.

Ia memastikan, sumur bor itu dapat menyediakan air dalam jumlah besar untuk mobil tersebut guna memadamkan kebakaran.

Selain itu, kata dia, sumber air tersebut juga dapat digunakan oleh warga masyarakat di wilayah itu yang membutuhkan pasokan air saat kemarau.

"Saat kekeringan air itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya lagi.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015