Sebanyak 23 kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu memperoleh bantuan jaring untuk menangkap ikan dari pemerintah setempat guna meningkatkan produksi perikanan tangkap di daerah ini.
 
"Sebanyak 23 KUB nelayan yang memperoleh jaring tersebar mulai dari Kecamatan Air Rami sampai Kecamatan Kota Mukomuko," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Minggu.
 
Bantuan jaring untuk sebanyak 23 kelompok nelayan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2024 sebesar Rp1,7 miliar.
 
Dari dana sebesar Rp1,7 miliar yang diterima instansi tersebut, selain untuk membeli jaring, juga untuk membeli mesin tempel untuk sebanyak 21 KUB nelayan yang tersebar di daerah ini.
 
Ia menjelaskan, dari sebagian dana tersebut digunakan untuk membeli sebanyak 69 paket jaring berukuran sebesar 2,5 inci beserta komponennya seperti pemberat timah, pelampung dan tali.
 
Ia menyebutkan dari sebanyak 69 paket jaring tersebut, setiap KUB nelayan dari sebanyak 23 kelompok menerima bantuan masing-masing sebanyak tiga paket jaring, dan setiap paket berisi sebanyak enam set jaring.
 
Untuk itu, katanya, setiap KUB nelayan setempat akan memperoleh bantuan sebanyak 18 set jaring beserta komponennya.
 
Terkait penyerahan bantuan jaring kepada KUB nelayan, katanya, setelah administrasi siap semua dan momen dari bupati ada untuk menyerahkan bantuan jaring tersebut.
 
Sementara itu, ia mengatakan bahwa anggaran kegiatan untuk pembelian jaring itu bukan lagi dalam bentuk hibah seperti tahun sebelumnya ada rekening hibah, kini nama kegiatannya belanja barang untuk dijual dan diserahkan.
 
Untuk itu, katanya, sekarang ini nama kegiatan bantuan berupa jaring termasuk bantuan lain di bidang perikanan tangkap untuk kelompok nelayan di daerah ini, yakni bantuan yang diserahkan kepada masyarakat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024