Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengupayakan proses pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilaksanakan oleh kades dan pendamping lokal desa bisa diselesaikan tanggal 31 Mei 2024.
 
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin, di Mukomuko, Rabu, mengatakan dinas sudah menyurati seluruh camat terkait pemuktahiran data IDM tahun 2024.
 
"Kami minta camat agar dapat menginstruksikan kepada kades dan pendamping lokal desa untuk melaksanakan pemuktahiran data IDM dan diupayakan selesai tanggal 31 Mei 2024," katanya. 
 
Dasar pemuktahiran data IDM tahun 2024, katanya, surat Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementrian Desa, PDT, dan Transmigrasi RI Nomor 140/PDP.03.04/III/2024 tanggal 28 Maret 2024 perihal Pemuktahiran Data IDM tahun 2025.
 
Kemudian rapat koordinasi, sosialisasi penjelasan proses input IDM antara Dinas PMD, Bappelitbangda, dan TAPM Kabupaten Mukomuko. 
 
Untuk itu, katanya, pemuktahiran data IDM tahun ini diupayakan untuk diselesaikan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 
 
Ia menjelaskan, salah satu tujuan pemuktahiran data IDM untuk mengetahui perkembangan status desa dan menjadi dasar dalam pengalokasian Dana Desa tahun 2025 oleh Kementrian Keuangan RI. 
 
Ia menyebutkan, tahun ini terdapat sembilan desa mandiri tahun 2024, atau bertambah dibandingkan tahun 2023 sebanyak lima desa.
 
"Tahun ini kemungkinan ada penambahan desa mandiri karena berdasarkan pemuktahiran data IDM tahun sebelumnya sudah ada sejumlah desa yang mendekati nilai menjadi desa mandiri," ujarnya. 
 
Ia menyebutkan, persyaratan menjadi desa mandiri berdasarkan hasil penilaian IDM, yakni indeks ketahanan ekonomi, indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan lingkungan meliputi kondisi lingkungan dan ekologi.
 
Setelah menjadi desa mandiri, katanya, penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk desa reguler tetap sebanyak dua tahap, yakni 40, 60, sedangkan penyaluran DD dan ADD untuk desa mandiri dua tahap 60 dan 40 persen.
 
Ia menyebutkan, verifikasi data IDM 2024 tingkat kabupaten pada tanggal 31 Mei sampai 7 Juni 2024.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024