Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Deni Setiabudi mengatakan bahwa keterwakilan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) perempuan untuk Pilkada 2024  di daerah ini mencapai angka di atas 30 persen.
 
"Dari sebanyak 453 anggota PPS untuk Pilkada 2024, memang keterwakilan anggota PPS perempuannya lebih dari kuota 30 persen karena lebih banyak pendaftar perempuan dari pada laki-laki," kata Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Deni Setiabudi di Mukomuko, Sabtu. 
 
KPU Kabupaten Mukomuko telah menetapkan sebanyak 453 anggota PPS terpilih untuk Pilkada 2024 yang akan dilantik tanggal 26 Mei 2024 dan ditugaskan di 148 desa dan tiga kelurahan di daerah ini, atau tiga orang per desa dan kelurahan. 
 
Menurutnya, keterwakilan anggota PPS perempuan untuk Pilkada 2024 melebihi kuota 30 persen dimungkinkan karena sosialisasi yang dilakukan oleh KPU cukup bagus dan masif. 
 
Kemudian, katanya, peran serta media massa cetak, elektronik, daring, dan media sosial dalam mensosialisasi pengumuman rekrutmen calon anggota PPS. 
 
Selain itu, menurutnya, partisipasi masyarakat terutama perempuan tinggi mungkin bapak-bapak banyak kerja dan perempuan lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas sebagai penyelenggara pemilu. 
 
Menurutnya, yang pasti partisipasi masyarakat tinggi menjadi anggota PPS karena dengan menjadi penyelenggara pemilu cari pengalaman dan banyak kawan. 
 
Sementara itu, ia mengatakan, bahwa pelaksanaan rekrutmen calon anggota PPS untuk Pilkada 2024 di daerah ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan dan aturan yang berlaku. 
 
Ia menyebutkan, jumlah masyarakat yang mendaftar sebagai calon anggota PPS sebanyak 945 orang, lalu dilanjutkan dengan administrasi, kemudian mereka menjalani tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT).
 
Kemudian, sebanyak 758 calon anggota PPS yang mengikuti tes wawancara, dan sebanyak 453 orang yang terpilih, sedangkan sisanya sebagai pengganti. 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024