Rejanglebong (Antara) - Kepolisian Resor Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyiagakan 211 personiel guna mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada di daerah itu.

Kapolres Rejanglebong AKBP Dirmanto usai menggelar gladi pengamanan di KPU Rejanglebong, Selasa, menjelaskan personel kepolisian setempat yang dikerahkan untuk mengamankan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak di KPU setempat sebanyak 211 personel terdiri dari 180 personel Polres Rejanglebong ditambah 31 personel Brimob Polda Bengkulu.

"Personel yang kita kerahkan ini guna menjaga keamanan saat proses rekapitulasi perolehan suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejanglebong serta Pilgub Bengkulu. Anggota yang dikerahkan sebanyak 211 personel terdiri dari 180 personel gabungan Polres Rejanglebong dan satu peleton atau 31 orang dari Brimob Polda Bengkulu, selain itu juga disiagakan mobil water canon dan mobil penghalau massa," katanya.

Pengamanan di kantor KPU Rejanglebong itu sendiri, kata dia, dilakukan ekstra ketat guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diingini sehingga dapat menggagalkan jalannya proses tahapan Pilkada setelah pemungutan suara di wilayah itu.

Pengamanan rapat pleno kali ini akan mereka lakukan dengan membuka satu pintu, dimana seluruh tamu yang akan menghadiri pelaksanaan pleno akan melewati tiga lapis pengamanan. Untuk pengamanan pertama berada di depan gerbang KPU, kemudian pintu masuk utama dan pintu masuk ruang aula KPU Rejanglebong yang akan menjadi lokasi rapat pleno.

"Seluruh tamu akan diperiksa petugas mulai dari ID card, KTP, undangan sampai ke statusnya saat menghadiri sidang pleno tersebut. Kalau mereka tidak jelas tidak akan kami suruh masuk, saksi hanya dua orang per pasangan cabup maupun cagub," ujarnya.

Sementara itu ketua KPU Rejanglebong Halid Saifullah menjelaskan, pelaksanaan rapat pleno tingkat KPU Rejanglebong akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB, selain itu KPU juga sudah menyampaikan undangan sekaligus membagikan tanda pengenal kepada pihak-pihak yang diundang.

"Rapat ini akan diikuti 75 orang dari PPK, kemudian 15 orang dari Panwas kecamatan ditambah Panwaslu kabupaten. Kemudian juga akan dihadiri tim pemenangan pasangan calon Pilbup Rejanglebong dan tim pemenangannya termasuk tim pemenangan Cagub Bengkulu termasuk juga ke FKPD," kata Halid.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejanglebong kali ini diikuti tujuh pasangan calon, dengan rincian empat pasangan diusung partai politik yang memiliki kursi di DPRD Rejanglebong serta tiga pasangan calon dari jalur perseorangan. ***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015