Kawasan yang biasanya tenang, Kota Bengkulu, mendadak berubah ramai. Pemadaman listrik besar-besaran yang terjadi secara tiba-tiba telah memicu lonjakan permintaan perbaikan dan pembelian genset di beberapa tempat.

Warga yang khawatir akan kondisi ini berbondong-bondong mencari solusi alternatif untuk mengantisipasi apabila pemadaman listrik di Kota Bengkulu kembali terjadi.

Sebelumnya, listrik padam berkepanjangan sempat terjadi di Kota Bengkulu dan sejumlah kabupaten di provinsi ini mulai Selasa (4/6) siang hingga Rabu pagi. Meski listrik sudah kembali menyala tetapi beberapa fasilitas belum pulih.

Baca juga: Dukcapil Kota Bengkulu terus berikan layanan administrasi meski listrik padam
Baca juga: PLN: Listrik pada 80 persen pelanggan di Jambi sudah normal

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu mengumumkan terjadinya gangguan pada transmisi SUTT 275 kV Linggau - Lahat yang berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah tersebut, Selasa. Beberapa kawasan di Sumatera bagian selatan, termasuk Bengkulu, mengalami "blackout".

Insiden tersebut menyebabkan meningkatnya kegiatan di tempat-tempat service dan penjualan generator set (genset). Akibat listrik yang belum pulih sepenuhnya hingga Rabu siang, banyak warga yang berbondong-bondong mendatangi CV Utama Kita (Utama Teknik) di Pasar Panorama untuk memperbaiki atau membeli genset.
 
Foto udara memperlihatkan sebagian wilayah di Sumatera mengalami pemadaman listrik, Selasa (4/6/2024) malam. ANTARA/Fandi Yogari/am.


Menurut pantauan ANTARA, pelanggan servis genset yang datang pada Rabu siang mendapat antrean kira-kira nomor sepuluh. Hal yang jarang ditemui di tempat perbaikan genset pada hari biasa.

Namun, dengan padamnya listrik pada Selasa (4/6) membuat sejumlah warga yang memiliki genset bermasalah dibawa ke tempat servis untuk diperbaiki.

Beberapa warga yang lain datang untuk membeli unit genset yang baru.

Kondisi tersebut terjadi karena layanan listrik yang terganggu telah mempengaruhi berbagai fasilitas umum dan layanan dasar. Kualitas sinyal internet di Kota Bengkulu juga masih fluktuatif, lampu lalu lintas belum berfungsi normal, serta beberapa layanan publik lainnya mengalami kendala.

Baca juga: PLN pulihkan listrik 699 ribu pelanggan usai gangguan transmisi
Baca juga: Krisis listrik di Sumatera? Apa yang tidak dikatakan PLN tentang pemadaman listrik massal di Bengkulu

Kondisi darurat ini telah mendorong masyarakat untuk mencari solusi alternatif agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan tanpa hambatan salah satunya dengan membeli atau servis genset.

Peningkatan mendadak dalam permintaan genset ini juga mencerminkan ketergantungan masyarakat terhadap pasokan listrik yang stabil, dan menyoroti pentingnya memiliki backup energi di situasi darurat.

Pemerintah dan PLN sedang berupaya mempercepat pemulihan jaringan listrik agar situasi dapat kembali normal secepat mungkin.
 

Uni Eropa perketat aturan untuk kendaraan besar meski ditentang Italia

 

Pewarta: Admin

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024