Rejanglebong (Antara) - Komando Distrik Militer 0409 Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, melakukan penanaman pohon penghijauan di atas lahan seluas lima hektare di daerah itu.

Komandan Kodim 0409 Rejanglebong Letkol Kav Sugi Mulyanto di dampingi Kasdim Mayor Inf Saldifa, Rabu, menjelaskan kegiatan yang mereka laksanakan itu dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika dan HUT Kodam II Sriwijaya ke-70, di mana penghijauan ini dilaksanakan di Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan, dengan jumlah pohon yang ditanam mencapai 1.000 batang.

"Lahan yang menjadi sasaran penghijauan adalah lahan milik TNI yang berada di belakang komplek TNI di Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan. Selama ini, lahan itu kurang dimanfaatkan sehingga kita tanami dengan pohon buah durian, dimana selain untuk penghijauan program ini juga bisa memberikan manfaat ekonomi berupa hasil buahnya," kata Dandim Sugi Mulyanto.

Selain kegiatan penghijauan dengan tanaman durian pihaknya kata dia, juga menggelar kegiatan bhakti sosial berupa donor darah, kemudian pelayanan kesehatan gratis yang dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup dan sekaligus diisi dengan acara pameran Alutsista.

"Warga yang datang berobat gratis ini juga dapat melihat pameran persenjataan TNI baik yang dimiliki Kodim 0409 Rejanglebong maupun milik Batalyon Infantri 144 Jaya Yudha Curup, Detasemen Peralatan, Denzibang dan Denbetang. Selain persenjataan juga akan dipamerkan sejumlah atribut TNI," katanya.

Rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam II Sriwijaya ke-70 tersebut kata dia, setiap tahunnya selalu diperingati dengan upacara militer serta kegiatan sosial.

Pelaksanaan kegiatan itu sendiri laksanakan dalam rangka membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis terutama bagi kalangan masyarakat tidak mampu seperti operasi katarak, bibir sumbing dan lainnya.

Untuk itu dia berharap, kalangan masyarakat tidak mampu di daerah itu agar dapat datang ke lokasi kegiatan sehingga dapat menjalani perobatan atau pun bagi kalangan masyarakat lainnya yang akan menyaksikan pameran aneka persenjataan TNI ke Lapangan Setia Negara Curup, karena kegiatan itu hanya dilaksanakan satu hari saja.***3*** 

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015