Rejanglebong (Antara) - Sebanyak 20 pasangan berasal dari 15 kecamatan di Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengikuti program nikah massal dalam rangka ulang tahun Bank Rakyat Indonesia (BRI) di daerah itu.

Pimpinan Cabang BRI Curup Sudono, Rabu, mengatakan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT ke 120 BRI bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Rejanglebong, di mana pelaksanaan ijab qobul dilaksanakan di halaman bank tersebut.

"Pelaksanaan ijab qobul dilaksanakan secara serentak bekerjasama dengan Kementerian Agama Rejanglebong dan Yayasan Baitul Maal Dalma dalam program nikah massal," katanya.

Dua puluh pasangan yang mengikuti program nikah massal itu berasal dari kalangan tidak mampu, di mana kalangan ini selain mendapatkan pembiayaan pengurusan administrasi pernikahan juga mendapatkan bingkisan berupa mas kawin berupa seperangkat alat shalat, Alquran dan bingkisan dari BRI, sewa pakaian pengantin bersama biaya rias pengantin.

"Untuk pelaksanaan program nikah massal ini menghabiskan dana sebesar Rp46,8 juta, itu sudah termasuk biaya pernikahan, bingkisan untuk masa kawin, sewa pakaian pengantin hingga biaya rias pengantin," jelasnya.

Pada peringatan HUT ke 120 BRI tahun ini pihaknya tambah dia, selain menggelar program nikah massal, juga seperti upacara bendera, ziarah kubur, pemotongan tumpeng, pemberian bantuan sosial kepada panti asuhan di Kota Curup.

Selanjutnya pemberian bantuan modal usaha atau yang mereka namakan program benah warung ustad, di mana penerimanya merupakan tokoh agama yang memiliki warung dengan jumlah dua warung, masing-masing diberikan Rp6 juta khusus untuk merehab warung mereka dan pemberian penghargaan kepada karyawan BRI di daerah itu yang didasarkan kategori masa kerja.

Sedangkan pada hari puncaknya yang akan jatuh pada 27 Desember 2015, kata Sudono, akan ditutup dengan menggelar "family day" dengan kegiatan jalan santai, pertandingan futsal, bulu tangkis dan sejumlah perlombaan lainnya. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015