Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyiapkan stok daging kerbau beku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebanyak 4,8 ton.

"Stok daging kerbau beku yang ada di gudang Perum Bulog Cabang Rejang Lebong saat ini sebanyak 4.865 kg, stok ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam tiga kabupaten mendekati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah," kata Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Adzie Zulfikar Rahman saat dihubungi di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan, stok daging kerbau beku tersebut disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha dan juga mengantisipasi lonjakan harga jual daging segar di masing-masing kabupaten.

Daging kerbau beku yang disiapkan Perum Bulog ini, kata dia, dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni seharga Rp80.000 per kg.

Daging kerbau beku itu sendiri dapat dibeli warga melalui Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan mitra Bulog di desa/kelurahan masing-masing serta outlet Bulog Rejang Lebong.

Sedangkan untuk stok beras yang menjadi produk utama Bulog, kata dia lagi, untuk beras kualitas medium untuk program public service obligation (PSO) atau pelayanan publik sebanyak 366,4 ton, dan beras komersial dengan kualitas premium sebanyak 48,5 ton.

"Untuk beras PSO ini digunakan untuk kebutuhan pelayanan sosial serta program stabilisasi pasokan dan harga pangan atau SPHP. Kalau beras komersial itu dijual ke pasar bebas, dan harganya mengikuti pasaran," ujarnya lagi.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan stok gula pasir sebanyak 3 ton, dan minyak goreng kemasan sebanyak 2.340 liter. Sedangkan untuk stok terigu saat ini masih kosong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024