Rejanglebong (Antara) - Kodim 0409/Rejanglebong, Bengkulu menggelar pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) berupa persenjataan anggota TNI yang bertugas di daerah itu.

Kepala Staf Kodim 0409/Rejanglebong Mayor Inf Saldifa di Rejanglebong, Kamis menjelaskan pameran yang dilaksanakan di Lapangan Setia Negara Curup itu merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang Kartika dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 70.

"Persenjataan yang dipamerkan ini merupakan samplenya saja, sedangkan yang lainnya ada di gudang persenjataan. Aneka senjata ini berasal dari Kodim 0409 Rejanglebong, Yonif 144 Jaya Yudha Curup, Den Pal, Den Zibang, POM AD serta ada juga peralatan BNPB seperti kendaraan penanggulangan bencana," katanya.

Pameran seluruh jenis persenjataan milik TNI yang bertugas di wilayah itu, kata dia, merupakan yang pertama kalinya.

Aneka persenjataan dan perlengkapan penanggulangan bencana yang dipamerkan kali ini tambah dia, diantaranya berbagai jenis senjata baik laras panjang maupun pendek dan persenjataan berat seperti pistol, senapan serbu SS1 buatan PT Pindad, senapan M16, senjata mesin ringan (SMR), mortir, granat dan perlengkapan TNI lainnya.

Pameran juga sebagai sarana memperkenalkan persenjataan milik TNI dalam upaya pertahahan negara, terutama dikalangan anak-anak sekolah maupun kalangan masyarakat umum.

Selain memamerkan aneka persenjataan pihak Kodim 0409 Rejanglebong juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejanglebong, karena menurut Saldifa selain memiliki tugas di medan perang juga nonperang yakni membantu dalam penanggulangan bencana.

"TNI itu memiliki tugas perang dan nonperang. Untuk nonperang ini ialah memberikan bantuan penanggulangan bencana, membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan serta penanggulangan teroris sampai pengamanan presiden," kata Saldifa.

Pameran persenjataan TNI dan BPBD di Lapangan Setia Negara Curup terlihat dipenuhi puluhan pelajar SD dan SMP yang penasaran dengan berbagai jenis persenjataan ini.

Para pelajar ini mencoba mengangkat ransel tentara, memegang senapan laras panjang dan pendek serta memainkan teropong.

Sebelumnya, Kodim Rejanglebong pada peringatan Hari Juang Kartika dan HUT Kodam II Sriwijaya juga melakukan kegiatan penghijauan di atas lahan seluas lima hektare, kemudian donor darah, pelayanan kesehatan gratis dan pameran alutsista yang dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015