Bengkulu (Antara) - Pasangan calon nomor urut satu, Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah memperoleh 517.190 suara atau unggul dari pasangan calon nomor urut dua, Sultan Najamudin-Mujiono yang hanya mengumpulkan 384.339 suara dalam pemilihan kepala daerah Provinsi Bengkulu.

"Pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah keluar sebagai pemenang. Bila tidak ada gugatan dari pihak lain maka dalam waktu tiga hari KPU akan menetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih," kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra usai memimpin rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pilkada gubernur-wakil gubernur Bengkulu, Jumat malam.

Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut digelar di aula salah satu hotel di Kota Bengkulu yang dikawal ketat oleh aparat kepolisian setempat.

Irwan mengatakan dengan perolehan suara tersebut, maka pasangan Ridwan-Rohidin yang diusung empat partai politik yakni Nasional Demokrat, PKB, PKPI dan Hanura keluar sebagai pemenang.

Dari hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dan kota kata Irwan, pasangan Ridwan-Rohidin unggul di delapan kabupaten yakni Bengkulu Tengah, Kaur, Kepahiang, Bengkulu Selatan, Rejanglebong, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara dan Lebong.

Sedangkan pesaingnya, pasangan Sultan-Mujiono yang diusung PDIP dan Partai Demokrat menang di Kabupaten Seluma dan Mukomuko.

Rapat pleno berlangsung kondusif meski diwarnai aksi "walk out" atau keluar meninggalkan sidang oleh saksi dari pasangan Sultan-Mujiono.

Diketahui, hasil akhir rekapitulasi perolehan suara tersebut tidak berbeda jauh dengan sistem hitung cepat atau "quick count" yang dilakukan sejumlah lembaga survei di mana pasangan Ridwan-Rohidin unggul di atas 57 persen. ***2***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015