Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko masih menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati terkait alokasi tambahan pupuk bersubsidi tahun 2024.

Menurut Dodi Hardiansyah, Sub Koordinator Saprodi, Alsintan, dan Pembiayaan Dinas Pertanian, alokasi pupuk subsidi mengalami peningkatan signifikan setelah SK Gubernur dan Bupati sebelumnya menetapkan alokasi pupuk subsidi jenis urea sebesar 60 persen dan NPK sebesar 90 persen dari pengajuan.

"Berdasarkan SK Gubernur dan Bupati sebelumnya, alokasi pupuk subsidi jenis urea 60 persen dan NPK 90 persen dari pengajuan," ujar Dodi. Penambahan ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan petani selama musim tanam 2024.

Kondisi Alokasi Pupuk Subsidi

Pada awal tahun 2024, Kabupaten Mukomuko mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 1.650 ton, yang terdiri dari 966 ton pupuk jenis urea dan 684 ton pupuk NPK ponska.

Namun, pada bulan Mei, terjadi peningkatan alokasi dengan tambahan sebesar hampir 100 persen untuk pupuk jenis urea dan lebih dari 100 persen untuk pupuk jenis NPK. Dengan penambahan ini, total alokasi pupuk subsidi untuk tahun 2024 mencapai 3.100 ton, yang mencakup 1.700 ton pupuk urea dan 1.400 ton pupuk NPK.

Stok Pupuk Subsidi Aman

Dodi memastikan bahwa stok pupuk bersubsidi dalam kondisi aman dan mencukupi kebutuhan petani selama musim tanam tahun 2024. "Kami pastikan stok pupuk bersubsidi dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan petani sepanjang musim tanam tahun ini," jelasnya.

Harga Eceran Tertinggi Pupuk Subsidi

Selain memastikan ketersediaan stok, pemerintah juga menetapkan harga eceran tertinggi untuk pupuk subsidi. Harga pupuk urea ditetapkan sebesar Rp2.250 per kilogram, pupuk NPK sebesar Rp2.300 per kilogram, dan pupuk NPK formula sebesar Rp3.300 per kilogram.

Dukungan Pemerintah dalam Pertanian

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko terus berupaya untuk mendukung para petani melalui berbagai program dan kebijakan, termasuk penyediaan pupuk bersubsidi. Dodi berharap dengan adanya tambahan alokasi pupuk ini, produksi pertanian di Mukomuko dapat meningkat dan kesejahteraan petani terjaga.

Dengan langkah-langkah yang diambil oleh Dinas Pertanian dan dukungan dari pemerintah daerah, diharapkan Mukomuko dapat terus meningkatkan hasil pertanian dan menjaga stabilitas pangan di daerah tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024