Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi mengajak umat Muslim di wilayah itu meningkatkan kepedulian sosial dan memperhatikan warga tidak mampu.
 
"Hari Raya Idul Adha ini agar jangan hanya dimaknai sebagai ritual semata, tetapi memiliki makna untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan makna sosial, dengan berbagi kepada sesama," kata dia sebelum Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Setia Negara Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Senin.
 
Dia menjelaskan bentuk kepedulian sosial terhadap sesama ini dapat dilakukan dengan membantu mereka yang tidak mampu atau lemah melalui kelebihan harta benda masing-masing.

"Kelebihan harta yang kita miliki ini bisa dengan membantu mereka yang belum beruntung sehingga bisa meningkatkan ketaqwaan kita. Saya berharap agar umat Muslim di Rejang Lebong dapat mengambil hikmah dari Hari Raya Idul Adha kali ini," katanya.
 
Khatib Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Setia Negara Rejang Lebong Irvan Qowwiyul Azis Al-Haj mengajak umat Muslim di daerah itu memaknai hakikat berhijrah, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim saat akan mengurbankan anaknya, Nabi Ismail.
 
"Ujian yang dialami Nabi Ibrahim cukup berat sehingga dalam ibadah shalat namanya disebut empat kali," katanya.
 
Dia juga mengajak umat Muslim hanya menggantungkan harapan kepada Allah SWT, seperti doa Nabi Ibrahim 86 tahun sehingga memiliki anak Nabi Ismail.

Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Setia Negara Rejang Lebong, antara lain diikuti Bupati Syamsul Effendi dan ribuan warga setempat, sedangkan bertindak sebagai khatib seorang pengurus Muhammadiyah Rejang Lebong Irvan Qowwiyul Azis Al-Haj dan imam, Hauzan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024