Jayapura (Antara) - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, menyatakan pemerintahnya mendukung upaya Presiden Joko Widodo dalam mempercepat pembangunan di Papua.

"Pemerintah Inggris mendukung upaya Presiden Jokowi dan Pemprov Papua untuk mempercepat pembangunan di Papua sehingga kesejahteraan dirasakan oleh semua penduduknya," kata Dubes Inggris itu, di Jayapura, Kamis.

Dia mengakui, memang di Papua masih terjadi masalah hak asasi manusia (HAM) dan politik, namun bagi pemerintah Inggris, Papua tetap bagian dari Indonesia.

Inggris tetap berkomitmen Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keutuhan wilayah RI, ujar Dubes Malik dalam bahasa Indonesia yang cukup lancar.

Menurutnya, sepuluh tahun terakhir Inggris sudah melakukan kerja sama di bidang lingkungan hidup, dan kini beberapa investor yang menanamkan modal di Papua maupun Papua Barat.

Para pengusaha Inggris siap menanamkan modalnya di Papua dan Papua Barat, sehingga dapat menampung tenaga kerja lebih banyak dan tingkat kesejahteraan juga meningkat, kata Malik pula.

Dubes Inggris Moazzam Malik didampingi sejumlah staf Kedubes Inggris di Indonesia, selama berada di Jayapura melakukan kunjungan kehormatan ke Gubernur Papua Lukas Enembe dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.***3*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016