Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh petugas pemuktahiran data pemilih Pilkada 2024 di daerah itu mencapai 100 persen dari 139.778 pemilih.

"Alhamdulillah akhirnya coklit data pemilih Pilkada 2024 selesai 100 persen. Mukomuko berada di posisi ke lima dari sembilan kabupaten dan satu kota di Provinsi Bengkulu,” kata Komisioner KPU Kabupaten Mukomuko, Misbahul Amri di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, sebanyak 139.778 warga setempat yang masuk dalam data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pada Pilkada 2024.

Ia menambahkan, jumlah pemilih pada Pilkada 2024 di daerah ini meningkat 1.538 orang dibandingkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 lalu sebanyak 138.240 orang.

Ia menyatakan, meskipun coklit data pemilih Pilkada 2024 sudah mencapai 100 persen, namun lembaganya tetap melakukan evaluasi terkait data hasil coklit tersebut.

Selanjutnya, katanya, tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan melakukan penyusunan daftar pemilih hasil coklit data pemilih.

Ia mengatakan, lembaganya melakukan evaluasi data pemilih untuk memastikan apakah ada warga yang pindah TPS atau kekeliruan data saat proses coklit yang dilakukan petugas pentarlih.

Kemudian, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mendapatkan data terbaru turunan dari Kemendagri terkait data-data orang yang sudah pindah, meninggal, dan anggota TNI-Polri.

“Kami setiap bulan mendapatkan data terbaru dari Kemendagri terkait orang yang pindah, meninggal dan anggota TNI-Polri, data tersebut sebagai bahan untuk mencocokkan dengan data yang ada," ujarnya.

Sementara itu, ia menyebutkan sebanyak 549 petugas pantarlih di daerah ini mereka melakukan coklit di 148 desa dan tiga kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024