Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Perkembangan harga bahan bangunan di Bengkulu hingga pekan ini tetap bertahan, meskipun permintaan terjadi peningkatan.

Permintaan bahan bangunan itu meningkat antara lain sebagian besar proyek pemerintah pada anggaran 2012 sudah berjalan, namun stok tetap cukup, kata Seorang pedagang bahan bangunan di Jalan S Parman, Kota Bengkulu Aliang, Selasa.

Ia menjelaskan, untuk harga besi beton bertahan setelah sebelumnya terjadi naik cukup signifikan, sedangkan harga bahan bangunan lainnya tetap bertahan.

Untuk harga besi beton ukuran 6 mm dijual Rp18.000/ batang, besi dan besi ukuran 8 mm dijual Rp37.500/ batang.

Sedangkan harga besi beton ukuran 10 mm dijual sebelumnya Rp57.100/batang dan besi beton ukuran 12 mm tetap dijual Rp92.000/batang.

Harga semen ukuran 50 kilogram merk Semen Padang tipe satu Rp57.000/zak, semen merk Tiga Roda juga Rp57.000 dan semen holcim dijual Rp57.000/zak.

Sementara harga jenis bahan bangunan lainnya masih bertahan karena sebelumnya sudah naik seperti batu pecah, pasir sungai, pasir batu dan lainnya ujarnya.

Kasubdin Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Bengkulu Rahman mengatakan, meskipun permintaan bahan bangunan meningkat para pedagang sudah mengantisipasi meningkatkan stok.

Dengan demikian stok tetap aman, sedangkan harga tergantung biaya angkut dan standar harga dari tingkat pabrik, sementara ini harga tetap bertahan, setelah sebelumnya naik, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012