Rejanglebong (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan program pencetakan sawah baru seluas 500 hektare di daerah itu sepenuhnya akan dikerjakan oleh tentara dari Kodam II Sriwijaya.

Kepala Bidang Pengelolaan Lahan Air dan Perlindungan Tanaman pada Dinas Pertanian (Distan) Rejanglebong, Selamet Riadi, Rabu, menjelaskan program pencetakan sawah baru seluas 500 hektare itu akan dilaksanakan di Kecamatan Curup Timur dan Bermani Ulu Raya.

"Kontrak kerjanya dilakukan oleh Dinas Pertanian Rejanglebong dengan Kodam II Sriwijaya, nantinya selain akan membuat sawah baru anggota TNI ini juga akan membuat irigasi tersier atau saluran air guna mengairi sawah sedangkan kelompok tani hanya akan dilibatkan dalam penanaman saja," katanya.

Pembuatan sawah baru itu sendiri, kata dia, akan dilaksanakan pada April mendatang, adapun lokasi 500 hektare sawah yang akan dibuka ini antara lain untuk di wilayah Kecamatan Bermani Ulu Raya yakni di Desa Bangun Jaya seluas 148 hektare, kemudian di Desa Pal 8 (104 hektare), Desa Pal 9 (82 hektare), dan di Desa Babakan Baru (135 hektare).

Selain itu ada juga di Kelurahan Talang Ulu seluas 37 hektare. Lokasi ini sudah dilakukan peninjauan lahan atau survey investigasi desain (SID) oleh Distan setempat.

Program pencetakan sawah baru itu sendiri, tambah dia, sepenuhnya menggunakan dana APBN yang diberikan dengan besaran Rp16 juta per hektare sawah berikut irigasi pendukung.

"Program pencetakan sawah baru ini dilaksanakan sepenuhnya oleh TNI, program ini merupakan lanjutan program upaya khusus bidang pertanian 2015 dalam rangka menyukseskan swasembada pangan 2017," ujarnya.

Sebelumnya pada 2015 Kabupaten Rejanglebong juga menerima bantuan dari Kementerian Pertanian berupa pembangunan saluran irigasi tersier yang tersebar di sembilan dari 15 kecamatan di Rejanglebong dengan areal persawahan penerima manfaat seluas 4.600 hektare. ***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016