Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0409 Rejang Lebong, Bengkulu, Tahun 2024 di Kabupaten Rejang Lebong membuka jalan baru sepanjang 3,2 kilometer yang akan menghubungkan dua desa di wilayah itu.

"Kegiatan TMMD reguler ke 121 Kodim 0409 Rejang Lebong berupa pembukaan jalan baru sepanjang 3,2 km dengan lebar delapan meter. Jalan ini nantinya akan menghubungkan antara Desa Belumai I dengan Desa Belumai II," kata Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Arh Moch Erfan Yuli Saputro usai pembukaan TMMD ke 121 di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, pembukaan jalan baru dalam program TMMD tersebut nantinya akan menjadi akses transportasi masyarakat serta dalam pengangkutan hasil bumi berupa karet, kopi maupun sawit.

Pada kegiatan TMMD yang dilaksanakan pihaknya itu, kata dia, untuk kegiatan fisik penunjang TMMD ini lainnya berupa rehab musala, pembangunan empat RTLH dan pembangunan jaringan air bersih di dua titik, pembuatan sumur bor.

Sedangkan yang lainnya ialah kegiatan rehab gedung BUMDes, penanaman 2.500 pohon serta kegiatan non fisik berupa penyuluhan bidang pertanian, kesehatan, hukum dan lainnya.

Sementara itu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya pada acara pembukaan TMMD ke 121 Kodim 0409 Rejang Lebong menyatakan, selama satu bulan ke depan terhitung 24 Juli sampai 22 Agustus segenap prajurit, pemerintah daerah dan komponen masyarakat akan bekerja sama dan dilandasi semangat kegotongroyongan serta kemanunggalan untuk menyukseskan program TMMD ke 121.

"Hal ini merupakan implementasi dari sinergitas yang positif dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemda yang sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan bersama," katanya.

Menurut dia, bagian wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan termasuk juga di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, sehingga program TMMD masih sangat dibutuhkan dan keterlibatan unsur TNI untuk turut serta membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah masih sangat relevan.

Dia mengimbau masyarakat di daerah itu untuk dapat terus menjaga dan memelihara semangat kebersamaan dan kegotongroyongan yang sudah terbina dengan baik, sehingga sinergitas antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat semakin meningkat.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024