Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan proses penjaringan calon penerima bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong Noprianto di Rejang Lebong, Senin, mengatakan pihaknya telah menganggarkan bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024 sebesar Rp900 juta.

"Bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi untuk putra-putri asal Kabupaten Rejang Lebong ini sudah kita umumkan sejak 24 Juli 2024," kata dia.

Dia menjelaskan, pengumuman yang disampaikan melalui media massa dan media sosial itu berisikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima bantuan.

"Persyaratan ini semuanya dibuat dua rangkap dengan menggunakan map biola berlubang, untuk yang dari PTN warna hijau dan dari PTS warna merah. Batas waktu penyerahan persyaratan hingga 30 Agustus 2024," terangnya.

Bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi tersebut diberikan kepada anak-anak asal daerah itu yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta di wilayah itu maupun di luar kota, di mana bantuan diberikan dalam bentuk uang kuliah tunggal (UKT).

Menurut dia, persyaratan penerima bantuan ini sesuai dengan yang diatur dalam Perbup tentang Beasiswa Mahasiswa Berprestasi yang diberikan kepada mereka yang kuliah di program studi baik PTN/PTS yang telah terakreditasi A.

Sementara itu untuk persyaratan penerima bantuan beasiswa berprestasi yang diberikan tahun ini, tambah dia, bagi mereka yang kuliah di PTN harus memiliki IPK 3,50 kecuali untuk jurusan teknik, farmasi dan kedokteran mempunyai IPK 3,00.

Kemudian untuk mahasiswa dari perguruan tinggi swasta atau PTS mempunyai IPK minimal 3,75 kecuali untuk jurusan teknik, farmasi dan kedokteran mempunyai IPK 3,25 dan harus dibuktikan dengan fotokopi kartu hasil studi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024