Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Drs H Syamsul Effendi, MM menyebutkan sedekah bumi yang dilaksanakan warga di daerah itu merupakan wujud syukur atas karunia Tuhan YME sehingga mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Saat menghadiri acara sedekah bumi yang dilaksanakan masyarakat Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang, Sabtu (3/8), Bupati Syamsul Effendi menyatakan kegiatan sedekah bumi merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya masyarakat lokal yang dilakukan secara turun temurun di wilayah itu.

"Sedekah bumi ini bukan hanya menjadi tradisi di dalam masyarakat kita, tetapi juga untuk mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan YME, selain itu sedekah bumi ini juga menjadi ajang mempererat kebersamaan antar masyarakat," terangnya.

Dia menjelaskan, kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Sumber Bening tersebut juga bersamaan HUT Desa Sumber Bening ke 72 tahun ini mengambil tema "Lestarikan Budaya Kita Bersama".

Menurut dia, sedekah bumi merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagai ungkapan syukur atas hasil bumi yang melimpah dan permohonan berkah bagi hasil panen di masa mendatang serta terhindar dari bencana.

Dia berharap dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini dapat terus dilaksanakan sehingga nantinya bisa menjadi agenda tahunan, dan rasa syukur masyarakat setempat terhadap karunia dari Tuhan YME.

Sementara itu Kepala Desa Sumber Bening Ruswanto menyatakan terima kasih karena pada acara sedekah bumi yang dilaksanakan desa itu bisa dihadiri Bupati Rejang Lebong dan dihadiri oleh seluruh warga desa yang dipimpinnya itu.

Pelaksanaan kegiatan sedekah bumi dan peringatan HUT Desa Sumber Bening ke 72 itu sendiri, kata dia, berlangsung meriah berkat dukungan dari semua pihak, terutama dari Bupati Rejang Lebong.

Pada pelaksanaan sedekah bumi yang dilaksanakan Desa Sumber Bening ini diawali dengan pelaksanaan doa bersama di Balai Desa Sumber Bening, kemudian dilanjutkan dengan pawai adat dan gundukan hasil bumi, serta acara makan bersama. (Adv)
Pawai adat acara sedekah bumi dan HUT Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang, Sabtu, (3/8/2024). ANTARA/Nur Muhamad

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024