Bengkulu (Antara-IPKB) - Kebijakan pemerintah pusat mengembangkan kampung KB pada tahun ini, upaya mewujudkan agenda prioritas Nawa Cita, "Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia” melalui “Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Maka dengan itu pelaksanaan program kampung KB oleh pemerintah pusat dan di Bengkulu sebagai kampung sejahtera perlu ditindaklanjuti agar membuahkan hasil yang sesuai dengan Nawa Cita, kata Penjabat Gubernur Bengkulu Suhajar Diantoro di Bengkulu belum lama ini.

Ia mengatakan, menindaklanjuti program tersebut tidak dapat dilakukan oleh satu pihak instansi pemerintah. Melainkan perlunya aksi sinergisitas antar lembaga pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baik bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan dan pendapatan, katanya.

Jika, program kampung KB hanya dilakukan sebatas pencanangan maka program nasional tidak mampu mendorong pencapaian sasarannya dengan peningkatan kualitas SDM di tingkat daerah.

Program kampung KB atau kampung sejahtera yang telah dicanangkan di daerah ini perlu dievaluasi serta ditindaklanjuti sehingga bermanfaat dalam kehidupan masyarakat, pinta Suhajar.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu
Maryana menambahkan, tujuan program Kampung KB yang dicanangkan secara nasional oleg Presiden RI pada awal tahun ini untuk dapat dikembangkan ditiap daerah. Terutama di kampung yang masih tergolong tertinggal.

Tujuan dari kampung KB itu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat  di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, ujar Maryana.

Pewarta: Idris Chalik

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016