Universitas Bengkulu menanamkan wawasan kebangsaan dan paham antiradikalisme bagi mahasiswa baru dalam program pengenalan kehidupan kampus untuk mahasiswa baru (PKKMB).
 
"Melalui berbagai kegiatan ini, kami memperkenalkan paradigma kehidupan kampus, sistem akademik, cara tingkah laku dan etika mahasiswa, tentang organisasi kemahasiswaan dan berbagai bidang kreativitas lainnya, serta menanamkan nilai-nilai kebangsaan, wawasan kebangsaan, nusantara, pemahaman antiradikalisme, antinarkoba, antiterorisme dan antikorupsi," kata Ketua PKKMB Universitas Bengkulu Dr. Rio Kurniawan di Bengkulu, Selasa.
 
Penanaman wawasan tersebut dapat menjadi bekal untuk melindungi mahasiswa baru ini dari pengaruh buruk yang bahkan dapat membahayakan ideologi mereka, dan nantinya dapat menyelesaikan kehidupan kampus dengan baik.
 
Apalagi, sebagai generasi muda tentu memiliki keingintahuan yang tinggi, dan mereka juga dalam masa peralihan serta pencarian jati diri.
 
Oleh karena itu, upaya membentengi lebih dini para mahasiswa baru tersebut dari pengaruh buruk seperti narkoba, radikalisme dan terorisme dianggap sabgat penting.
 
Dr. Rio mengatakan sebanyak 4.546 mahasiswa baru Universitas Bengkulu mulai mengikuti program pengenalan kehidupan kampus sejak kemarin, Senin 5 Agustus 2024.
 
Universitas Bengkulu bekerja sama dengan dengan Korem Garuda Mas Bengkulu dan Polda Bengkulu untuk menanamkan wawasan kebangsaan, anti-terorisme dan anti-radikalisme kepada para mahasiswa baru.
 
Kemudian, Universitas Bengkulu juga bekerja sama dengan BNN Provinsi Bengkulu untuk membentengi para mahasiswa baru dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Para mahasiswa juga mendapatkan wawasan anti-korupsi dari Kejaksaan Tinggi Bengkulu.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024