Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) dikirim ke berbagai negara, membuka pintu internasional selebar-lebarnya. Rektor UMB Dr. Susiyanto melepas dua mahasiswa untuk KKN Internasional di Kuala Lumpur, Malaysia pada 25 Juli 2024.

Program tersebut bukan saja terkait dengan kuliah, tetapi juga terlibat dalam proyek sosial dan berinteraksi dengan warga lokal. "Jaga nama baik kampus, Muhammadiyah, dan Indonesia," kata Susianto.

Ada Negara Lain
Pada  5 Agustus 2024, tiga mahasiswa lagi dilepas untuk magang mengajar di Thailand Selatan. Mereka adalah Muhammad Parli, Uas Gna, dan Wahyu Austin. Mereka mengajar dan ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah di Thailand.

Kepala Kantor Urusan Internasional UMB, Andi Azhar, Ph.D., mengatakan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman global kepada mahasiswa.

Bulan September nanti makin seru!

Tujuh mahasiswa UMB juga akan melakikan pertukaran pelajar ke Taiwan selama satu semester. Belajar Mandarin, kuliah di universitas mitra, dan ikut kegiatan ekstrakurikuler di sana. Oktober nanti juga akan ada lima mahasiswa berangkat ke Bangkok untuk magang dan International Credit Transfer (ICT).

Mereka bakal akan melakukan magang di kantor urusan internasional dan kuliah selama 2-4 bulan.

"Semester ini, mahasiswa dari berbagai negara bakal kuliah di UMB. Program Sarjana Internasional juga dibuka, semua diajarkan dalam bahasa Inggris dengan kurikulum internasional. Kami ingin menciptakan lingkungan belajar inklusif dan multikultural," kata Andi.

Pewarta: Admin

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024