Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Choirul Huda mengajak masyarakat setempat melaksanakan shalat sunnah kusuf pada saat gerhana matahari total (GMT) yang diperkirakan tanggal 9 Maret 2016 di daerah itu.

"Menyikapi gerhana matahari kita laksanakan sholat sunnah kusuf di Mushola dan Masjid terdekat di Mukomuko," kata Bupati Choirul Huda, di Mukomuko, Kamis.

Bupati sendiri akan melaksanakan shalat sunah kusuf di Masjid Jamik Mukomuko bersama sejumlah pejabat dan masyarakat.

Dia minta Bagian Kesra untuk melakukan persiapan untuk pelaksanaan shalat sunnah kusuf di Mushola dan Masjid daerah itu.

"Di situ kita berdoa bersama. Keinginan bersama biar Kabupaten Mukomuko sejahtera, maju, tidak ada gejolak. Serta saat mendapat kesulitan kita diberikan kesabaran," ujarnya.

Menurutnya, gerhana matahari total menandakan sebuah keindahan alam alam ini sehingga kita takjub dengan kebesaran Allah SWT saat diperlihatkan ada gejala alam yang luar biasa yang harus disyukuri," ujarnya.

Selain itu, melakukan ibadah pada saat Gerhana Matahari Total, menurutnya, merupakan salah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 diperkirakan terlihat jelas di sejumlah kota di Nusantara, antara lain Bengkulu, Palembang, Palangkaraya, dan Palu.

Untuk dapat melihat fenomena alam gerhana matahari total ini membutuhkan waktu yang cukup panjang diperkirakan terjadi setiap 350 tahun. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016