Tim Pengawasan dan Evaluasi Mabes TNI Angkatan Darat meninjau lokasi pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 121 di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Komandan Kodim 0409 Rejang Lebong selaku Dansatgas TMMD ke 121 Letkol Arh Mochamad Erfan YS saat menerima kunjungan tim Wasev TMMD Mabes TNI AD yang dipimpin Mayjen TNI Irham Waroihan di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Selasa, mengatakan program tersebut menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten tahun 2024 senilai Rp1,10 miliar.

"Anggaran sebesar itu digunakan untuk pembangunan jalan sepanjang 3,2 Km dan pembangunan plat duiker, sedangkan untuk pembangunan rumah tidak layah huni (RTLH), pembuatan sumur bor dan rehab rumah ibadah serta tambahan fisik lainnya merupakan swadaya dari satuan," kata dia.

Dia menjelaskan program TMMD itu dipusatkan di Desa Belumai I dan Desa Belumai II, Kecamatan Padang Ulak Tanding terhitung sejak 23 Juli 2024 lalu dengan jenis sasaran kegiatan fisik utama ialah pembukaan sepanjang 3.212 meter dengan lebar 8 meter, di mana jalan ini nantinya akan menghubungkan Desa Belumai I dengan Desa Belumai II.

Kegiatan lainnya ialah pembangunan jaringan pipa air bersih dan pembuatan sumur bor, pembuatan tujuh unit plat duiker.

Selanjutnya untuk kegiatan fisik tambahan, kata dia, ialah berupa rehab musala, rehab gedung BUMDes, pembangunan empat RTLH, serta penanaman 2.500 pohon.

Menurut dia, kegiatan pembangunan fisik TMMD berupa jalan ini ditargetkan beberapa hari ke depan sudah bisa selesai, saat ini sudah masuk finishing. Dan untuk kegiatan fisik tambahan diperkirakan satu minggu lagi sudah selesai.

Wakil Inspektur Jenderal TNI AD (Waijenad) Mayjen TNI Irham Waroihan yang memimpin Tim Wasev TMMD di Rejang Lebong mengatakan kehadirannya ke tempat itu untuk mengukur kinerja satuan yang melaksanakan program TMMD ke 121 yakni jajaran Kodim 0409 Rejang Lebong.

"Pelaksanaan TMMD ke 121 oleh Kodim 0409 Rejang Lebong di Desa Belumai ini sudah sangat baik dan maksimal. Semoga apa yang dibangun dalam kegiatan TMMD ini dapat dijaga sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Pada peninjauan lokasi TMMD reguler ke 121 Kodim 0409 Rejang Lebong ini selain dihadiri Wairjenad Mayjen TNI Irham Waroihan, Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Rachmad Zulkarnen, Staf Ahli Bupati Rejang Lebong Bidang Hukum dan Politik Zulkarnain, Ketua DPRD Rejang Lebong Mahdi Husen dan Forkopimda Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024